Tuesday 29 September 2009

Kini Semua Bisa Utak-Atik Database Facebook

Dengan melihat ledakan pertumbuhan Twitter sekarang ini, sudah sangat jelas tampak bahwa trend hangat sebuah web adalah untuk mendapatkan laynan yang berlaku sebagai pusat informasi, dan memperbolehkan situs pihak ketiga (third-party) untuk membangunnya. Untuk itu, Facebook sendiri yang menjadi lawan Twitter, mencoba memanfaatkan para developer untuk bekerja dengan data dan user di dalam lingkup Facebook. Mungkin saja, Facebook akan memberikan aliran data secara gratis kepada developer.

Facebook telah mengumumkan adanya third-party yang dapat mengakses database dari situs jejaring social populer tersebut, yang sebelumnya tidak bisa diakses. Menurut Wall Street Journal, developer nantinya dapat mengakses semua file penting, termasuk foto dan video yang di-upload user. Developer third-party tersebut, ibaratnya akan mendapatkan izin dari user untuk menggunakan data mereka, dan developer dapat membangun situs mereka dan memberikan layanan di dalamnya.


Facebook juga akan membuka standard transportasi data. Belum diketahui maksud dari tindakan Facebook tersebut, namun dimungkinkan ide tersebut akan membantu developer untuk membuat profil yang diperlukan, dan memaksanya untuk aktif digunakan dan developer dapat meng-update layanan mereka. Jika Facebook benar-benar membuka lebar-lebar akses data di dalamnya, maka mungkin akan menjadi satu nilai plus lebih dibandingkan Twitter, rivalnya. Selain itu, Facebook juga masih memegang kekuasaan, mengingat lebih dari 200 juta orang telah menggunakan Facebook.

Source:
http://www.beritanet.com/

Comments :

0 comments to “Kini Semua Bisa Utak-Atik Database Facebook”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by System Information