Sunday 4 October 2009

Membuat Toko Online di Blogger dengan SimpleCart(js) + Paypal


Blogger tidak semudah platform lain, dalam kondisi yang tidak open source, rasanya sangat mustahil untuk dimanipulasi menjadi aplikasi e-commerce yang handal.  Keterbatasan inilah yang menjadi kelemahan utama Blogger saat ini. Walaupun script utama blogger tidak dibolehkan untuk dimodifikasi, kita masih beruntung karena Platform Blogger masih berbaik hati dengan memberikan dukungannya pada Javascript-based. Dari keadaan inilah kita mencoba membuat Toko Online senderhana menggunakan Javascript tanpa harus memiliki database dan pengetahuan pemrograman yang rumit :)


SimpleCart(js) + PayPal merupakan solusi terbaik menurut saya untuk membangun aplikasi toko online yang sederhana tanpa harus memerlukan Database. Aplikasi yang dikembangkan oleh The wojo grup ini memungkinkan kita untuk menampilkan beberapa item produk dalam jumlah terbatas. Sebelum melakukan pemesanan, customer juga dimudahkan untuk memilih dan menyimpan item untuk sementara waktu di shopping cart (keranjang belanja) dan aplikasi ini juga support pembayaran via online karena sudah terintegrasi dengan Paypal. Selain itu kita dalam hal ini sebagai pemilik (e-merchant) dapat dengan mudah mengatur sendiri harga per-item dari produk yang akan dijual :)

Karena simpleCart(js) sendiri dibangun menggunakan Javascript jadi sangat memungkinkan sekali diaplikasikan pada Platform blogger. Tidak banyak memang kelebihan yang ditawarkan, tapi paling tidak aplikasi ini cukup mencerahkan mengingat sejauh ini belum ada yang mampu mengembangkan aplikasi e-commerce menggunakan platform blogger.

Silahkan dipelajari sendiri cara mengaplikasikannya ya, dan maaf, saya tidak memberikan contoh nyata dalam hal ini, tapi saya katakan sekali lagi, aplikasi benar2 ini bisa diterapkan di blogger dan saya sendiri sudah mencobanya :)

Silahkan download script dan sample aplikasi yang dibangun dengan Simple chart  (JS) pada link dibawah ini:


Untuk mempelajari lebih jauh
bahasan tentang toko online serta cara membangun dan mengelolanya, saya sarankan coba kunjungi blog sahabat Zalukhu.com atau bila berminat membangun toko online menggunakan Platform wordpress bisa baca informasinya di blog Mas Jimmy di alamat ini Jimmysun.net. Semoga informasi ini berguna.

Source:
http://www.o-om.com/2009/01/membuat-toko-online-di-blogger-dengan.html

Comments :

0 comments to “Membuat Toko Online di Blogger dengan SimpleCart(js) + Paypal”

Post a Comment

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by System Information