Tuesday 29 September 2009

10 Keahlian Paling Diminati di Industri Web

Memasuki keadaan ekonomi global yang memburuk, jumlah pekerjaan yang didapat banyak pengembang web, terutama yang bekerja sebagai freelancer semakin sedikit. Akan tetapi seburuk apapun keadaan ekonomi, tetap saja ada beberapa segmen khusus yang bertumbuh pesat. Di bawah ini adalah 10 keahlian yang paling diminati di kalangan pengembang web saat ini. Apabila memiliki salah satu atau berbagai keahlian dalam daftar ini, kemungkinan Anda untuk mendapat pekerjaan akan lebih besar daripada yang lain.

1. Framework

Tampaknya framework adalah salah satu segmen terpanas di masa depan. Dengan melejitnya popularitas berbagai framework seperti Rails, Django dan framework lain, para pengembang semakin produkti dalam mengembangkan web. Memiliki pengetahuan tentang berbagai framework populer seperti Rails, Django, CakePHP, Symfony dan lain-lain dapat memberikan dimensi tambahan pada pengetahuan web Anda.

2. Pengembangan Widget

Widget telah mengubah cara pengembangan web dalam beberapa tahun terakhir. Dengan terciptanya widget, data menjadi semakin portabel, interaktif dan yang paling penting, dapat dibagi dengan mudah kepada banyak pengguna internet. Pengembangan widget membutuhkan pengetahuan JavaScript atau Flash dan pengetahuan mendalam tentang situs yang bertukar data dengan widget. Contohnya adalah widget SearchMe yang menampilkan koleksi lagu yang dibuat dari hasil pencarian SearchMe.

Widget SearchMe

3. Tema CMS

Pengembang dan desainer web selalu dapat mengisi waktunya menciptakan sebuah tema untuk digunakan di CMS terkenal. Bersamaan dengan meningkatknya popularitas CMS seperti Wordpress dan Drupal, begitu juga dengan semakin dibutuhkannya tema cantik yang dapat dipakai untuk CMS ini. Semakin banyak konsumen menggunakan CMS untuk membuat situs pribadi maupun perusahaan dengan cepat, oleh karena itu permintaan untuk tema CMS akan selalu ada.

Tema Wordpress

4. Kustomisasi CMS dan Plugin

CMS sangat berguna karena memungkinkan pemilik situs yang tidak memiliki keahlian teknis mendalam untuk mengubah berbagai bagian situs dengan cepat melalui modul-modul yang tersedia. Walaupun kebanyakan CMS menawarkan banyak modul, sebagian besar situs perusahaan dan pribadi membutuhkan fitur lebih, contohnya untuk menambahkan integrasi dengan berbagai situs jejaring sosial.

Para pengembang dapat menghidupi dirinya hanya dengan mengembangkan dan kustomisasi CMS. Inilah beberapa dari CMS populer yang banyak membutuhkan kustomisasi dan plugin tambahan:
Plugin SEO untuk Wordpress

5. Mengubah PSD Menjadi XHTML

Salah satu keahlian yang paling populer akhir-akhir ini adalah mengubah desain Photoshop (PSD) menjadi XHTML untuk digunakan sebagai template. Karena tidak semua desainer tahu cara mengkonversi desain Photoshop menjadi template web, seorang ninja CSS dan XHTML selalu dibutuhkan. Karena beragamnya jenis browser yang digunakan saat ini memiliki beberapa perbedaan kecil dalam menampilkan halaman situs berbasis CSS (IE6 mungkin?), Anda perlu menjadi seorang pengembang web yang mampu membuat situs yang terlihat identik di semua browser, layanan inilah yang paling banyak dicari-cari.

PSD to XHTML

6. Pembuatan Plugin JavaScript

Mirip seperti semakin populernya framework CMS dan MVC, framework JavaScript juga semakin populer, memungkinkan pengguna untuk membuat fungsionalitas kustom dalam bentuk modul-modul terpisah. Apabila Anda adalah seorang pengembang yang tahu cara membuat modul JavaScript dari framework, Anda tidak akan kekurangan pekerjaan. Di bawah ini adalah beberapa framework JavaScript terpopuler yang dipakai hari ini:
Framework JavaScript

7. Aplikasi Facebook/MySpace

Baik Facebook maupun MySpace telah membuka platform mereka dengan memberikan akses API kepada para pengembang. Dua situs jejaring sosial terbesar dunia ini merintis sebuah segmen pengembangan web baru hanya dalam waktu singkat, dan ratusan aplikasi baru dibuat setiap harinya untuk situs jejaring sosial. Platform jejaring sosial juga telah terbukti sangat menguntungkan.

Beberapa dari aplikasi ini dibuat untuk mendapatkan keuntungan atau memperkuat branding, akan tetapi semua aplikasi berpotensi sukses besar apabila dibuat dengan baik. Seorang pengembang dapat menghidupi dirinya hanya dengan mebuat aplikasi Facebook dan MySpace.

Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman yang spesifik untuk situs jejaring sosial yang Anda targetkan seperti Facebook Markup Language, tetapi dengan semakin matangnya inisiatif seperti Open Social yang bertujuan mengantarkan kompatibilitas aplikasi pada berbagai situs jejaring sosial besar, seharusnya pengembangan aplikasi cross platform jejaring sosial akan semakin mudah. Friendster juga baru-baru ini mengumumkan dukungannya terhadap aplikasi Facebook dan Open Social.

Aplikasi Jejaring Sosial

8. Aplikasi iPhone

Satu lagi keahlian yang menargetkan sebuah platform khusus, membuat aplikasi populer untuk iPhone sangat menguntungkan, dan seperti membuat aplikasi untuk situs jejaring sosial, merupakan satu lagi keahlian yang patut dipelajari.

Kesempatan Anda untuk kaya mendadak dalam mengembangkan aplikasi ini cukup besar, Steve Demeter, pengembang game Trism untuk iPhone mengumumkan bahwa ia berhasil mendapatkan $250.000 hanya dalam dua bulan. Decrem, CEO Tapulous, perusahaan pengembang aplikasi iPhone juga setuju, mengatakan bahwa aplikasi iPhone populer memberikan masukan sekitar $5.000 hingga $10.000 setiap harinya.

Hal ini tentunya merupakan berita baik bagi para pengembang karena banyaknya perusahaan yang mulai melihat nilai dari pengembangan aplikasi iPhone maupun platform mobile lain seperti Android, BlackBerry dan Windows Mobile yang masing-masing menawarkan layanan App Store. Mempelajari teknik-teknik pengembangan di platform mobile tidak ada ruginya untuk Anda, udaramaya juga merupakan salah satu situs yang percaya bahwa aplikasi mobile akan semakin dominan di hidup kita.

Aplikasi iPhone

9. Integrasi E-commerce

Situs-situs bisnis selalu membutuhkan integrasi e-commerce. Pasalnya, apabila Anda dapat mengintegrasikan situs yang dibuat dalam sebuah bahasa (PHP atau RoR) dengan sebuah payment gateway seperti Paypal atau Authorize.net, Anda akan cukup sukses.

Dalam semakin memburuknya keadaan ekonomi, situs-situs yang mengandalkan pendapatan dari langganan akan semakin populer karena banyak perusahaan akan semakin enggan untuk mengeluarkan dana iklan. Memiliki keahlian untuk mengintegrasikan situs dengan layanan pembayaran seperti PayPal dan Google CheckOut akan sangat berharga.

Situs dengan layanan e-commerce

10. Keahlian Flash dan Actionscript

Flash dapat dipakai untuk membuat video, navigasi unik, animasi, widget dan banyak lagi, membuat sebuah situs terlihat lebih professional. Keahlian Flash selalu dibutuhkan oleh situs dan perusahaan besar untuk membuat situs mereka lebih professional. Ditambah lagi dengan Flash yang kini menjadi semakin ramah search engine, keahlian ini sudah pasti merupakan salah keahlian terpanas seiring dengan semakin matangnya teknologi tersebut.

Situs berbasis Flash

Kesimpulan

Mempelajari framework adalah salah satu cara terbaik meningkatkan keahlian dan potensi mendapatkan kerja sebagai freelancer. Entah itu adalah framework JavaScript, CMS atau MVC, menginvestasikan waktu untuk mempelajari keahlian baru akan menjadi modal yang berharga dalam mencari pekerjaan. Selain itu, para pemilik situs juga bersedia membayar mahal untuk kemampuan Anda mengembangkan situs yang memungkinkan bagi mereka.

Source:
http://udaramaya.com/berita/4626/0/10_Keahlian_Paling_Diminati_di_Industri_Web

Comments :

0 comments to “10 Keahlian Paling Diminati di Industri Web”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by System Information