Thursday 1 October 2009

Dua PC satu monitor

Dua PC satu monitor. Apa sih maksudnya? emang bisa gitu dua pisi satu monitor? ya bisalah, jangankan dua, lebih daru dua pun bisa, kan sekarang sudah ada teknologinya bro. Makanya simak terus artikel ini yach. Artikel ini saya tulis berawal dari repotnya saya karena harus menggunakan dua monitor, dua keyboard dan dua mouse. Koq gitu? iya dunk karena saya menggunakan dua komputer yang masing - masing saya gunakan untuk komputer musik dan komputer desain dan coding. Sengaja dua komputer untuk dua keperluan yang berbeda ini saya pisahkan, biar gak campur aduk dan kinerja komputernya juga bisa maksimal. Tapi repotnya itu tadi, meja kerja jadi penuh. Untung sekarang sudah ada solusi untuk permasalah ini.

Gambar yang cuma numpang mejeng doang

Ribetkan, meja kecil ini kl pake dua monitor

Solusinya adalah KVM Switch. Ada banyak KVM Switch yang beredar dipasaran. Kebetulan saya menggunakan merk Aten - Masterview KVM Switch CS-72E. Ini bukan promosi apalagi paid review ya ( lagian emang ada yang mau direview sama saya, hihihi masih terkategori blogger cupu soalnya ), ini beneran saya tulis, karena saya berpikir mungkin aja ada teman yang membutuhkan informasi ini. KVM Switch ini saya tebus dengan mahar sebesar Rp. 450,000 tunai di toko langganan saya di Dusit Mangga dua. Lumayan murahkan, dibandingkan harus beli LCD lagi, mending pake KVM, jadi LCD yang lama bisa dimaksimalkan.

Prinsip kerjanya gampang banget, seperti namanya KVM Switch ini hanya bertugas untuk melakukan switching antar komputer yang saling terhubung. Perhatikan gambar di bawah ini

1. Dua komputer dihubungkan ke KVM melalui konektor yang telah disediakan, adapun yang dihubungkan ke KVM adalah port untuk mouse, keyboard, dan monitor.

Konektor

Konektor

Tampak depan

Tampak depan

Tampak belakang

Tampak belakang

Tampak atas

Tampak atas

2. Setelah itu hubungkan port console yang ada di KVM ke mouse, keyboard, dan LCD yang akan kita gunakan untuk mengontrol komputer kita.

KVM Switch

KVM Switch

Diagram

Diagram

Dah, cuma begitu doang settingnya, gak ribet koq. Nah sekarang jika kita bekerja di komputer satu, kita tinggal pencet aja tombol yang ada di bagian depan KVM Switch, begitu juga sebaliknya, jika kita ingin berpindah ke komputer dua, maka pencet aja tombol dua.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan KVM switch ini cukup menyenangkan, bahkan saya lagi getol - getolnya pencet - pencet tombol switching untuk berpindah - pindah komputer, hehehe dasar norak!

Kelebihan dari Aten - Masterview KVM Switch CS-72E adalah:

  1. Sangat responsive, tidak ada delay ketika anda berpindah dari komputer satu ke komputer dua.
  2. Kualitas gambarpun normal, sama saja seperti belum menggunakan KVM, tidak ada degradasi kualitas.
  3. Kelebihan lain dari KVM ini tidak memerlukan power suply, meskipun tersedia colokan untuk power suply yang berfungsi untuk jaga - jaga jika teman menghubungkan dua komputer yang berjauhan maka disarankan untuk menggunakan power suply. Mantap toh.
  4. Harganya terjangkau
  5. Tersedia dalam kemasan yang menarik dan tersedia juga dalam berbagai rasa, lho..? Koq..? Ngaco aza, hihihihi

Demikianlah review singkat saya ini, mudah - mudahan dapat bermafaat untuk kita semua, jika ada kata yang salah mohon kiranya dapat dimaafkan. Sekarang apakah teman semua berminat untuk menggunakan KVM Switch?

Source:

http://www.planet-orange.org/dua-pc-satu-monitor-dengan-kvm-switch/


Comments :

0 comments to “Dua PC satu monitor”

Post a Comment

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by System Information